Wonogiri – Seksi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kepala KUA se Kabupaten Wonogiri, Kamis (18/02/2016) di Aula Kemenag yang di ikuti jajaran Bimas Islam dan Ka. KUA se Wonogiri.
Menurut Kasi Bimas Islam, H. Haryadi, MSI yang memimpin rakor menyampaikan bahwa KUA memiliki tugas yang cukup berat dan sekaligus mempunyai peran yang signifikan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.
Sesuai komitmen bersama bahwa tahun 2016 harus menjadi momentum pelayanan terbaik kepada masyarakat, mengingat KUA Sebagai ujung tombak pelayanan di tingkat kecamatan dipandang masyarakat sebagai cermin kualitas pelayanan Kementerian Agama, sehingga wajar jika KUA dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.
Salah satu ruh dalam pelaksanaan tugas KUA adalah tata laksana administrasi dan pembukuan, KUA harus mempunyai profil yang memuat visi misi, data personalia, data pernikahan, standar pelayanan KUA, letak geografis dan lain sebagainya. Profil KUA menjadi potret tentang keberadaan institusi KUA dan sangat penting karena menjadi standar dan barometer pelayanan yang prima kepada masyarakat.
H. Haryadi mengharapkan KUA sebagai ujung tombak Kantor Kementerian Agama untuk selalu memberikan pelayan prima di KUA baik yang melayani dan yang di layani, selain menyangkut NR, KUA harus memberikan bimbingan jamaah haji yang meliputi pengumpulan, pengolahan dan penganalisaan data jamaah haji dan melakukan pembimbingan jama’ah haji / manasik haji. Selain itu KUA juga harus melakukan penertiban masalah perwakafan secara adsministrasi dan pemberdayaan zakat.
“Tingkatkan etos kerja dengan kerja keras, kerja cerdas dan terakhir kerja ikhlas sebagai manifestasi ukhrowi. Bekerja disiplin harus di dasarkan kewajiban bukan karena tunjangan atau yang lain, absensi harus di laksanakan sesuai aturan, segera lakukan pembenahan dan peningkatan kualitas layanan KUA mengingat layanan KUA adalah ujung tombak Kementerian Agama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat” imbuhnya. (Mursyid _ Her)
-@gs-